Wujudkan Madrasah Hebat Bermartabat Melalui Ajang KSM
Integrasi Sains dan Islam Wahana Wujudkan Madrasah Hebat Bermartabat

By Ahmad F 13 Mei 2019, 21:42:13 WIB | dibaca 906 kali Opini
Wujudkan Madrasah Hebat Bermartabat Melalui Ajang KSM

Keterangan Gambar : Ka. Kanwil Kemenag Sulbar H. Muhdin, S. Ag. M. Pd. I bersama Ketua DWP dan beberap Pejabat LingkupKanwil Kemenag Sulbar foto bersama usai mengikutiOpening Ceremony yang berlangsung di Gedung Gunung Bungkuk (STQ) Bengkulu kemarin.


Bengkulu (Inmas Polman 26/09/2018)  Pembukaan even KSM tingkat Nasional yang berlangsung Di Prop.  Bengkulu dan dihadiri seluruh Ka. Kanwil Kemenag Prop. serta pejabat di lingkup Kanwil dan KanKemenag pada 25/09/2018 kemarin berlangsung meriah dan dipusatkan di Gedung Serbaguna Gunung Bungkuk (STQ).
Ka.  Kanwil Kemenag Sulbar H. Muhdin,  S. Ag.  M. Pd. I bersama Ibu Ketua DWP didampingi Ka.  Bidang Pendidikan Madrasah H. Syamsul, S. Ag. M. Pd. dan beberapa pejabat serta official pendamping peserta KSM dari Prop. Sulbar turut hadir dalam prosesi Opening Ceremony yang dilaksanakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. 
Dalam laporan panitia yang dibacakan oleh Direktur Kurikulum,  sarana,  kelembagaan,  dan kesiswaan madrasah Bapak DR.  H.  A. Umar MA.  Pada opening ceremony KSM nasional 2018 kemarin menyampaikan bahwa pelaksanaan KSM yang dilaksanakan di Provinsi Bengkulu kali ini merupakan gelaran ke-7, sejak pertama kali diselenggarakan di tahun 2012. Dalam gelaran ini, akan dilaksanakan tiga kegiatan secara bersamaan, yaituTiidak kurang dari 543 peserta akan berkompetisi dalam acara yang diselenggarakan mulai tanggal 24-29 September 2018. Dalam event ini kita akan menyaksikan 525 peserta mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, hingga  Madrasah Aliyah akan berkompetisi dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Di sini pula, kita akan mekonyaksikan inovasi hasil penelitian paling unggul dari 18 siswa madrasah se-Indonesia.
Dihadapan para Ka. Kanwil dan undangan beliau mengharapkan kiranya KSM Nasional 2018 dapat menjadi momentum untuk memperkokoh slogan Madrasah Hebat Bermartabat. Siswa-siswi terbaik dari madrasah se-Indonesia yang hadir pada pagi ini, bukan hanya membawa nama madrasahnya masing-masing. Namun, kami yakin mereka adalah generasi muslim harapan bangsa Indonesia. Mereka adalah anak-anak muda muslim yang meresapi firman Allah: “Walikulli wijhatun huwa muwalliihaa fastabiqul khairat”.
Dan bagi setiap orang ada memiliki arah yang dituju ke arah mana dia menghadapkan wajahnya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan (QS. Al-Baqarah : 148).  
Lanjut DR.  H. A.  Umar,  MA.  bahwa tujuan penyelenggaran KSM 2018 ini adalah untuk meningkatkan mutu pembelajaran sains di madrasah secara komprehensif dan integratif. Dalam KSM 2018 ini, Kementerian Agama kembali menegaskan tentang pentingnya integrasi sains dan ilmu keislaman dalam pembelajaran. Kami berpandangan selama ini proses integrasi itu masih cenderung berkutat pada level ide dan wacana saja. Integrasi sains dan ilmu keislaman ini tidak cukup sekedar wacana. KSM 2018 yang mengusung tema “Integrasi Sains dan Ilmu Keislaman untuk Mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat” ini merupakan bukti dan realisasi dari wacana tersebut.
Untuk merealisasikan ini, kata beliau, Kementerian Agama melalui KSM ini mencoba menawarkan konsep integrasi dalam penyusunan soal-soal KSM 2018. Integrasi yang ditawarkan dalam penyusunan soal KSM yang terintegrasi dengan ilmu keislaman meliputi: Pertama, soal sains yang terintegrasi dengan ilmu keislaman dengan menggali konsep-konsep sains yang nantinya akan dituangkan dalam soal yang bersumber dari ayat-ayat Al Qur’an;
Kedua, soal sains dengan menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam semisal tema zakat, falak, dan tema lainnya yang dihubungkan dengan sains. Hal ini dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik dan integratif. 
Ketiga, soal keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap mensejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade sains di luar sana.
Dengan demikian, lanjut beliau, tak berlebihan  jika kami menaruh harapan besar kepada para peserta Kompetisi Sains Madrasah Nasional 2018 ini. Kami berharap, dari Ananda sekalian kejayaan Indonesia dapat bangkit. Dari madrasah tidak hanya lahir ilmuwan dan cendekiawan yang menguasai ilmu keislaman saja, akan tetapi juga ilmuwan dan cendekiawan yang memahami perkembangan sains dan teknologi yang memadai. harapnya kepada seluruh peserta KSM yang akan berlaga hari ini.  (Ahmad F)

 





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Berita Foto

Daftar Agenda

Jejak Pendapat

Bagaimana Pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kab. Polewali Mandar?
  Biasa Saja
  Baik
  Ramah
  Memuaskan