MTQ : UJIAN IMPLEMETASI AKHLAKUL KARIMAH
Refleksi MTQ VIII Sulbar Tahun 2020

By Administrator 30 Agu 2020, 09:38:34 WIB | dibaca 144 kali Renungan
MTQ : UJIAN IMPLEMETASI AKHLAKUL KARIMAH

Alhamdulillah, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) VIII Provinsi Sulbar Tahun 2020 sudah usai. Selamat bagi anak-anakku dan saudara-saudaraku yang telah berhasil meraih prestasi juara. Bagi yang belum, juga saya ucapkan selamat, karena para peserta MTQ pada hakikatnya semua adalah para juara. Siapapun yang dekat dengan Al Qur'an dan ilmu-ilmu Al Qur'an sesungguhnya adalah pemenang di sisi Allah SWT.

Ber-MTQ bukan hanya sekedar evaluasi atas kompetensi keilmuan dalam bidang Ilmu Al Qur'an akan tetapi juga ujian atas implementasi nilai-nilai Al Qur'an terutama akhlakul karimah bagi peserta dan semua yang terlibat dalam perhelatan MTQ maupun pemerhati MTQ.

Kompetensi di bidang Ilmu Al Qur'an yang tidak dibarengi dengan akhlak yang baik, sesungguhnya dalah ciri dari ilmu yang tidak berberkah. Patut bagi kita merenungkan ungkapan seorang sufi Abdullah bin Mubarak:

“Kita lebih membutuhkan adab (meskipun) sedikit dibanding ilmu (meskipun) banyak.”(Abdullah bin Mubarak, ulama sufi; dikutip dari Adabul ‘Alim wal Muta‘allim karya Hadratussyekh Hasyim Asy’ari)

Jadi bagi yang belum juara, jangan berkecil hati apalagi patah semangat. Terus belajar dan belajar, karena keberkahan ada pada orang yang senantiasa menyibukkan dirinya dengan ilmu.

Bagi yang juara, jangan merasa bangga apalagi sombong karena prestasi yang diperoleh adalah nikmat dari Allah SWT. Tawadhu'lah dan banyaklah bersyukur atas nikmat tersebut, sambil terus belajar mempersiapkan diri menuju MTQ Nasional 2020 di Padang Sumatera Barat.

Mamuju, 30 Agustus 2020

DR. H. Misbahuddin, M. Ag. (Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Sulbar)

Dikutip dari halaman Facebook  miliknya  ????? ????? ?????


Download File : MISBAH1.jpg



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Berita Foto

Daftar Agenda

Jejak Pendapat

Bagaimana Pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kab. Polewali Mandar?
  Biasa Saja
  Baik
  Ramah
  Memuaskan