Meski Tak Bawa Pulang Medali KSM 2018. Duta Pelajar Sulbar Tetap Membanggakan
Guru Pendamping Peserta KSM: Pembekalan Peserta KSM Kedepan Hendaknya Lebih Dimatangkan Lagi

By Ahmad F 13 Mei 2019, 21:44:08 WIB | dibaca 678 kali Renungan
Meski Tak Bawa Pulang Medali KSM 2018. Duta Pelajar Sulbar Tetap Membanggakan

Keterangan Gambar : Salah satu siswa peserta KSM Nasional asal MAN 1 Polman fotobareng bersama Guru Pendamping di Arena KSM Nasional 2018 Bengkulu.


Polman (Inmas)  Meski tak raih medali dan bawa pulang medali,  11 Duta Pelajar peserta KSM Nasional 2018 Bengkulu dan para pendamping serta official tak berkecil hati. Setidaknya para pelajar perwakilan Prop.  Sulawesi Barat ini telah menunjukkan upaya dan kerja kerasnya melewati rangkaian proses lomba KSM yang berlangsung dari tanggal 24 hingga 29 September 2018. Sebelum ke even Nasional, ke 11 siswa siswi ini telah mengasah daya kemampuan dan skill di daerah hingga akhirnya mereka harus terkalahkan saat berhadapan dengan para pelajar dari Jawa,  Sumatera dan lainnya di tingkat Nasional. 
Pendamping dan official pun sudah cukup berbangga dengan upaya yang dilakukan adik-adik peserta KSM yang menjadi duta Sulawesi Barat di pentas nasional,  meski harus kandas namun banyak hal yang menjadi pelajaran bagi para siswa untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan skill sebagai modal kelak jika masih berkesempatan mengikuti KSM di jenjang dan tingkatan madrasah berikutnya.  Modal ini juga bisa menjadi masukan dan stimulus kepada adik-adik kelasnya yang mau dan akan berlaga pada KSM yang akan datang. 
Salah satu guru pendamping dari Polewali Mandar mengharapkan agar pada kontestasi KSM berikutnya lebih dimatangkan lagi.  Maksudnya, proses seleksi KSM di daerah sebaiknya dipercepat sehingga siswa yang lulus seleksi di daerah sedini mungkin bisa dibina dan dipersiapkan SDM-nya termasuk segala daya tunjangnya sejak dini harus lebih dimantapkan.  Sehingga pembinaan sejak awal bisa dilakukan dan tidak terkesan dadakan.  Membina atau mengajari siswa dalam waktu seminggu tentu akan berbeda ketimbang saat membina siswa dalam waktu 3 atau 6 bulan, ungkap guru yang tidak mau disebut namanya ini.  (Ahmad F) 

 





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Berita Foto

Daftar Agenda

Jejak Pendapat

Bagaimana Pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kab. Polewali Mandar?
  Biasa Saja
  Baik
  Ramah
  Memuaskan