Menapaki Jalan Keilmuan
Oleh Ustd Ilham Sopu (ASN Kemenag Polman / Pembina Ponpes Nuhiyah Pambusuang)

By Administrator 03 Nov 2019, 18:04:16 WIB | dibaca 559 kali Opini
Menapaki Jalan Keilmuan

"Malaikat akan mengepakkan sayapnya melindungi orang yang menuntut ilmu"

Kalau kita merujuk kepada teks keagamaan bahwa islam adalah agama yang sempurna. Ayat yang terakhir turun kepada Nabi Muhammad adalah ayat tentang kesempurnaan agama. "Pada hari ini telah kusempurnakan kepadamu agamamu dan telah kucukupkan kepadamu nikmatku dan aku ridha islam sebagai agamamu". Ayat ini turun menjelang wafatnya Nabi. Ini adalah ayat yang menginformasikan kepada kita bahwa islam itu sudah sempurna. Kesempurnaan ajaran islam karena sudah mencakup beberapa aspek yang menjadi pokok dari suatu ajaran agama, diantaranya ada aspek Iman, aspek islam dan aspek ihsan. Ketiga aspek inilah yang menjadi letak kesempurnaan ajaran islam. Islam juga sebagai penyempurna agama agama terdahulu yakni yahudi dan nasrani.

Seperti yang pernah di gambarkan oleh Nabi perumpamaan agama yang dia bawa seperti sebuah rumah yang bagus, tapi ada yang kurang, dari sudut pojok ada kekurangan yang kelihatan berlubang yang mengganggu keindahan rumah itu kemudian datanglah islam untuk menutupi kekurangan itu. Itulah gambaran bahwa islam ini,  adalah penyempurna dari agama agama sebelumnya.   Ketiga agama samawi ini datangnya dari Tuhan. Namun dalam keyakinan umat islam bahwa melihat hadis diatas bahwa agama sebelumnya itu tidak sempurna karena ada kekurangan dari penggambaran Nabi. Dan itu bisa di interpretasikan bahwa agama sebelumnya tidaklah bersifat universal melainkan sifatnya partikular.

Penggambaran ajaran islam menurut Mahmud Syaltut, mantan grand syaikh al azhar dalam satu kitabnya yang terkenal, Al Islam Aqidah wa Syariah, bahwa Islam itu secara garis besarnya terbagi dua yakni Aqidah yang mencakup keimanan dan syariah yang mencakup aspek perincian atau implementasi dari aspek aspek yang menyangkut ajaran islam. Pembagian Syaltut ini sangat logis kalau kita merujuk ke Qur'an, bahwa surah Al Asri bahwa disitu informasikan bahwa keselamatan itu ketika konsisten di jalan iman dan amal saleh. Namun demikian dalam ajaran yang lain, juga sangat dipentingkan dalam ajaran islam yakni  tuntutan islam supaya Iman dan amal saleh berkualitas supaya mendasarinya dengan ilmu.

Dalam islam peradaban ilmu menempati posisi terdepan untuk dapat meraih peradaban yang agung. Kita harus banyak membaca sejarah peradaban islam di abad abad yang lalu. Sejarah masa lalu adalah pelajaran  yang berharga. Disamping itu kita juga harus belajar dari peradaban barat, yang kita pelajari adalah peradaban ilmunya dan teknologinya. Sebab ajaran agama memberikan kita jalan untuk mengakses ilmu dimanapun ilmu itu berada. "Hikmah (itu) barang hilangnya orang mukmin, dimanapun didapatkan maka ia berhak mengambilnya ". Ini adalah statement dari Nabi bahwa betapa ilmu adalah asset yang sangat berharga dan kita sangat berhak untuk mengaksesnya. Dimanapun ilmu itu keberadaannya maka kita berhak untuk menuntutnya.

Dalam realitasnya sekarang ini, orang orang-orang muslim masih sangat berjauhan antara teks keagamaan dengan realitas. Betapa dalam teks anjuran untuk mengejar ilmu begitu tinggi tapi sangat lemah implementasi keilmuan yang dihasilkan. Tapi di abad ini umat islam sudah mulia siuman dari ketertidurannya yang panjang, walaupun masih tertatih tatih untuk bangkit kembali dalam merebut peradaban ilmu dari barat. Munculnya pemikir pemikir kontemporer yang mewarnai abad 20 dan abad 21 adalah bibit bibit kebangkitan islam kedepan. Dalam konteks keindonesiaan banyak muncul cendekiawan garda depan yang  memberikan kontribusi pemikiran terhadap kemajuan pemikiran islam di Indonesia. Munculnya Hamka, Nurcholish madjid, Abdurrahman wahid, Ahmad syafii maarif, Quraish shihab, Jalaluddin rakhmat dan sederet pemikir lainnya adalah diantara pemikir keislaman yang mencoba mengawinkan keislaman, keindonesiaan dan kemoderenan.

Kalau kita menelaah perjalanan intelektual para cendekiawan muslim diatas, mereka semua berasal dari kalangan santri, yang sejak awal sudah bergumul dengan dunia keilmuan, mereka sangat matang dengan pemahaman  islam klasik, penguasaan terhadap ilmu ilmu tradisional keislaman sangat matang, sehingga dengan mudah mengakses ilmu ilmu klasik islam maupun kajian kajian kontemporer keislaman. Sesuatu yang sangat langka seorang cendekiawan dapat memadukan antara akses ilmu tradisional keislaman dengan kajian kajian kemoderenan. Sejak awal perjalanan intelektualnya, mereka nyantri dari pesantren ke pesantren, mereka tidak pernah kendor dalam penuntutan ilmu.

Bukan hanya penguasaan di bidang wawasan keagamaan, tetapi ilmu ilmu yang lain, seperti sosiologi, antropologi, sejarah, juga sangat matang dalam penguasaannya. Mereka inilah yang mewarnai dunia pemikiran islam di Indonesia dan selalu menjadi rujukan rujukan generasi sesudahnya. Kajian kajian pemikirannya selalu dibedah oleh generasi generasi sekarang baik dalam bentuk dialog maupun karya karya disertasi. Banyak muncul dari generasi sekarang yang merupakan anak ideologis mereka, membuat suatu perkumpulan perkumpulan kajian dengan rujukan dari nama  nama mereka. Para pecinta pemikiran Gusdur membuat suatu komunitas yaitu gusdurian, mereka ini sangat aktif melakukan kajian kajian pemikiran gusdur, dengan tujuan supaya pemikiran gusdur bisa terus terbaca oleh generasi generasi sekarang.

Begitupun pemikiran pemikiran Nurcholish madjid, oleh para anak ideologisnya, yaitu Caknurian atau yang berkumpul dalam Nurcholish Madjid Society  sangat intens melakukan kajian kajian pemikiran cak Nur, melakukan kajian secara berkala dengan mengundang tokoh tokoh yang dianggap banyak mengetahui pemikiran pemikiran cak Nur, dengan tujuan untuk menyebarkan pemikiran pemikiran cak nur yang sangat dibutuhkan oleh generasi generasi  mendatang, guna melanggengkan pemikiran pemikiran inklusif keislaman. Disaat sekarang ini, gerakan gerakan yang mengarah ke pemikiran radikal, sangat mengancam Indonesia kedepan, melalui gerakannya yang masif, gerakan ini sangat bertentangan dengan keislaman di Indonesia yang dikenal sangat ramah, penuh toleransi dan moderat.

Oleh sebab itu gerakan untuk menghidupkan kembali pemikiran intelektual tokoh-tokoh seperti Gusdur, Caknur, Buya Syafi'i, Kang Jalal, Quraish shihab, perlu di gelindingkan terus menerus, untuk Indonesia yang aman dan terbebas dari pemikiran pemikiran yang sesat. (Pambusuang, 28 Oktober 2019).

Penulis : Ustd Ilham Sopu

Acc/Editor by Inmas Kemenag Polman (Ahmad F)


Download File : 18425018_1417086388352127_4196324422728357959_n.jpg



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Berita Foto

Daftar Agenda

Jejak Pendapat

Bagaimana Pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kab. Polewali Mandar?
  Biasa Saja
  Baik
  Ramah
  Memuaskan