Maksimalkan Kebijakan dan Regulasi Haji, PHU Kemenag Polman Briefing Dengan Para Ka. KUA
Ka. Kankemenag Polman Harapkan ASN KUA Beri Informasi Yang Mencerahkan Masyarakat

By Administrator 22 Jun 2020, 11:10:46 WIB | dibaca 492 kali Umum
Maksimalkan Kebijakan dan Regulasi Haji, PHU Kemenag Polman Briefing Dengan Para Ka. KUA

Keterangan Gambar : Ka. Kankemenag Polman Drs. H. Muliadi Rasyid, M.Pd. didampingi Ka. Seksi PHU H. Muh. Mimsyad Rusli, S.Ag, MM. saat lakukan rapat dengan para Kepala KUA se Kab. Polewali Mandar di Aula Al-Ikhlas Kantor Kemenag Polman, Senin 22/06/2020.


Polewali (Inmas Polman) Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Polewali Mandar Drs. H. Muliadi Rasyid, M.Pd. didampingi Ka. Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah H. Muh. Mimsyad Rusli, S.Ag, MM. Rapat bersama dengan para Ka. KUA Kecamatan se Kab. Polewali Mandar di Aula Al Ikhlas Kantor Kemenag Polman, Senin 22/06/2020.

Rapat yang rencananya juga akan dihadiri Kepala Bidang PHU Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulawesi Barat H. Suharli, S.Ag. M.Pd. mengagendakan sejumlah hal terkait regulasi haji khususnya menyangkut persoalan penundaan ataupun pembatalan haji 1441 H/2020 termasuk regulasi mengenai pengembalian dana BPIH dan lain sebagainya.

Ka. Kankemenag Polman Drs. H. Muliadi Rasyid, M.Pd. dalam arahannya kembali mengungkapkan bahwa tahun ini Pemerintah resmi membatalkan pelaksanaan ibadah haji tahun 1441 H./2020 M. sebagai efek dari Covid-19 yang mewabah selama beberapa bulan terakhir. Kebijakan ini diterapkan kepada seluruh jamaah haji dan menjadi keputusan resmi yang diputuskan pemerintah melalui Menteri Agama RI setelah mempertimbangkan dan melakukan pengkajian mendalam demi menjamin keselamatan seluruh jamaah haji.

Untuk itu Ka. Kankemenag mengharapkan kiranya insan/ASN Kementerian Agama khususnya yang ada di KUA Kecamatan sedapat mungkin bisa menyampaikan persoalan ini kepada masyarakat sembari memberi pemahaman dan pencerahan terkait persoalan pembatalan haji tahun ini,  mana tahu ada keluarga, kerabat ataupun kenalan yang masih beranggapan bahwa haji tetap bisa dilaksanakan tahun ini.

Sementara itu Ka. Seksi PHU di depan para Kepala KUA dan peserta rapat menjelaskan bahwa jamaah yang sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan. Hal tersebut merujuk pada Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2020 mengatur jamaah yang telah melunasi Bipih tahun ini. Mereka dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan Bipih.

Sejumlah hal terkait regulasi pembatalan haji dan mekanisme pengembalian BPIH ini dibahas serius dalam rapat yang berlangsung di Aula Al-Ikhlas Kantor Kemenag Polman sembari Ka. Kankemenag yang didampingi Ka. Seksi PHU juga mendengarkan langsung sejumlah informasi, masukan dan pernyataan dari para Kepala KUA Kecamatan menyangkut sejumlah hal yang terjadi dan berkembang di masyarakat saat ini. (Ahmad F)


Download File : IMG20200622102153.jpg



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Berita Foto

Daftar Agenda

Jejak Pendapat

Bagaimana Pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kab. Polewali Mandar?
  Biasa Saja
  Baik
  Ramah
  Memuaskan