Ka. Seksi PD Pontren Rapat Bersama Pemkab dan Pimpinan Ponpes se Kab. Polman
Jelang Pembukaan Pontren, Pemkab, Kemenag dan Pimpinan Pondok Briefing Bersama

By Administrator 25 Jun 2020, 14:12:13 WIB | dibaca 554 kali Umum
Ka. Seksi PD Pontren Rapat Bersama Pemkab dan Pimpinan Ponpes se Kab. Polman

Keterangan Gambar : Ka. Seksi PD Pontren Kemenag Polman Drs. Manju Idrus, M.Pd.I. saat sampaikan sejumlah hal pada rapat bersama Pemkab dan Pimpinan Pondok Pesantren se Kab. Polman di Ruang Rapat Wakil Bupati Polman, Kamis 25/06/2020.


Polewali (Inmas Polman) Ka. Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Polman Drs. Manju Idrus, M.Pd.I. bersama Pimpinan Pondok Pesantren se Kab. Polewali Mandar Siang jelang sore ini lakukan rapat bersama dengan Pemerintah Kab. Polewali Mandar di Ruang Pertemuan Wakil Bupati Polman, Kamis 25/06/2020.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Bagian Kesra Pemkab Polewali Mandar ini bermaksud membangun kesepahaman dengan para pimpinan pondok dan pemangku kebijakan dalam mempersiapkan strategi pembelajaran jelang dimulainya tahun ajaran baru khususnya di Pondok-pondok pesantren yang ada di Polewali Mandar di tengah fase new normal dimana kekhawatiran masih terjadinya pandemi Covid-19 seperti yang terjadi di sejumlah daerah masih mengkhawatirkan.

Terkait hal ini, Ka. Seksi PD. Pontren Kemenag Polman di depan Pejabat Pemkab dan Pimpinan Ponpes mengungkapkan bahwa Kementerian Agama RI sebelumnya telah menerbitkan panduan pembelajaran bagi pesantren dan pendidikan keagamaan. Panduan ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari surat keputusan bersama Mendikbud, Menag, Menkes, dan Mendagri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Dan Tahun Akademik Baru Di Masa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Panduan tersebut juga dibackup dengan sejumlah ketentuan, antara lain: 1) Membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di masing-masing pondok pesantren; 2) Memiliki fasilitas yang memenuhi protokol kesehatan; 3) Aman Covid-19, dibuktikan dengan surat keterangan dari gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 atau pemerintah daerah setempat; dan 4) Pimpinan, pengelola, pendidik, dan peserta didik dalam kondisi sehat, dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari fasilitas pelayanan kesehatan setempat.

Hadir pada rapat tersebut Sekda Polman Ir. Andi Bebas Manggasali, M.Si, Asisten 1 Pemkab Polman, Ka. Bag. Kesra Drs. Hasbi Hannan, M.Si., Ka. Kankemenag Polman diwakili Ka. Seksi PD Pontren Drs. Manju Idrus, M.Pd.I. para Pimpinan serta pengasuh Pondok Pesantren se Kab. Polman dan lain-lain.

Pemerintah Kab. Polman melalui Sekda maupun Ka. Bag Kesra dalam arahannya menyampaikan pentingnya menerapkan sejumlah aturan ataupun kebijakan di Pondok Pesantren sebagai langkah mendukung upaya pemerintah dalam memerangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Untuk itu, salah satu upaya serius agar Pondok Pesantren tidak menjadi penyebaran covid-19 dan menjadi klaster baru seyogyanya para santri akan menjalani rapid test sebelum masuk pondok. Hal ini demi menjaga agar Pondok Pesantren steril dari sebaran covid-19. Selain itu sejumlah protokol kesehatan dan SOP penanggulangan penyebaran covid juga akan diberlakukan di Pondok Pesantren.

Poin-poin inilah yang nantinya dibahas bersama dalam rapat yang dihadiri para Pimpinan Pondok Pesantren dan Pemangku Kebijakan dalam hal ini Kantor Kementerian Agama Kab. Polman diwakili Ka. Seksi PD. Pontren sehingga Penyebaran Covid-19 di wilayah Polewali Mandar khususnya di Pondok Pesantren sedapat mungkin bisa diputus penyebarannya. (Ahmad F.)


Download File : IMG-20200625-WA0011_compress9.jpg



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Berita Foto

Daftar Agenda

Jejak Pendapat

Bagaimana Pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kab. Polewali Mandar?
  Biasa Saja
  Baik
  Ramah
  Memuaskan