Jaga Sehat Sebelum Sakit
Oleh Abdul Rahman Arok, S.Ag, M.Pd.I. (Wakil Sekretaris Pokjawas KanKemenag Polman)

By Administrator 26 Des 2019, 04:45:48 WIB | dibaca 2482 kali Opini
Jaga Sehat Sebelum Sakit

Selasa, 24 Desember 2019 penulis berada di kota Makassar. Saat berada di Phinisi Point (Phipo) penulis sempat online dan membuka facebook. Sebuah status muncul yang melarung rindu. Kangen pada sosok yang puluhan tahun membangun karakter di Kemenag Polewali Mandar. Awal tahun 2019 mendapatkan amanah sebagai Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Takalar. Jadwal yang padat dalam menata Kantor Kemenag Takalar, sejumlah tugas yang harus dijalankan membutuhkan semangat dan stamina tinggi, membuat Drs H. Junaidi Mattu, MH. Mengalami kondisi kesehatan yang menurun.

Dengan sedikit berputar dan keliling kota, penulis sempat menjenguk beliau di rumah kosnya, sebuah kos berlantai tiga, Haris Kos, namanya. Beliau menerima penulis dan keluarga di lantai 2 Kamar 204 dan sempat berpesan, “jaga kesehatan ta ustadz” katanya sambil melanjutkan, nanti sakit baru tahu betapa pentingnya kesehatan. Sriwati, staf beliau ketika Pak “Jun” masih Kasubbag TU Kemenag Polman mengiyakan bahwa sehat itu baru dirasa sangat penting ketika kita sedang sakit. Sriwati juga mengalami kondisi yang sama ketika 14 hari berada di kamar 06A lantai 2 Perawatan Anggrek RSUD Polewali Mandar

Mantan Kasubbag TU Kantor Kemenag  Kabupaten Polewali Mandar yang kini menjabat Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Takalar terlihat lesu dan kurus. Kondisi kesehatannya sangat menurun. Dokter menyarankan agar beliau tidak terlalu banyak gerak termasuk bicara. Beliau harus banyak rehat dan makanannya pun ditakar. Sebelum pamit untuk kembali ke rumah keluarga, penulis sempat berfoto bersama dengan beliau dan pendampingnya, Dra Hj. Fatmawati, Ketua DWP Kemenag Takalar. Beliau menyampaikan pesan agar penulis menyampaikan salam kepada seluruh staf dan ASN Kemenag Polewali Mandar untuk mendoakannya.

Teringat pesan beliau saat bertandang ke rumah kost, jaga kesehatan karena kesehatan itu penting, menginspirasi penulis untuk meramu artikel berjudul “Jaga Sehat Sebelum Mati”. Judul ini merupakan bagian dari lirik lagu yang dipopulerkan Rhoma Irama siraja dangduth yang berjudul: Jaga lima Sebelum datangnya lima”. 

Sedangkan Grup Nasyid Raihan dalam versi nasyid  menyebutnya “Lima Perkara Sebelum Lima Perkara”. Baik Rhoma Irama maupun Raihan menulis lagu ini dengan bersumber pada hadits nabi SAW yang maknanya “Dari Amru bin Maimun bin Mahran sesungguhnya Nabi Muhammad Saw berkata kepada seorang pemuda dan menasehatinya, “Jagalah lima hal sebelum lima hal. (1) Mudamu sebelum datang masa tuamu, (2) sehatmu sebelum datang masa sakitmu, (3) waktu luangmu sebelum datang waktu sibukmu, (4) kayamu sebelum miskinmu, (5) hidupmu sebelum matimu”

Dalam riwayat yang lain disebutkan “Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallah ‘alaihi wa sallam pernah menasehati seseorang, Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara (1) Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, (2) Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, (3) Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, (4) Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, (5) Hidupmu sebelum datang matimu.”(HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya 4: 341. Al Hakim mengatakan bahwa hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari Muslim

Lima perkara tersebut adalah sebagai berikut:
1."Pergunakan masa mudamu sebelum datang masa tuamu". Masa muda hendaklah dipergunakan sebaik-baiknya untuk mencapai kebaikan, kesuksesan, dan keberhasilan, karena masa mudalah kita mempunyai ambisi, keinginan dan cita-cita yang ingin kita raih, bukan berarti masa tua menghalangi kita untuk tetap berusaha mencapai keinginan kita, tapi tentulah usaha masa tuaakan berbeda halnya dengan usaha saat kita masih muda

2. "Pergunakan masa luangmu sebelum datang masa sibukmu"
Disini kita dianjurkan untuk menghargai waktu, agar bisa diisi dengan hal-hal yang bermanfaaatbaik untuk diri sendiri maupun orang lain. Misalnya, menengok saudara ketika ada kesempatan sebelum kesibukan menghampiri kita, hingga tidak sempat lagi untuk sekedar mengunjungi kerabat. Memanfaatkan masa luang dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat.

3. "Pergunakan waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu".
Hal ini juga anjuran agar kita senantiasa waspada pada segala kemungkinan yang sifatnya diluar prediksi manusia, seperti halnya sakit. Sakit disini bukan sebatas sakit jasmani, tapi juga sakit rohani. Maka ketika kita sehat jasmani-rohani, hendaknya kita senantiasa mempergukannya untuk hal-hal yang bermanfaat tanpa mengulur-ngulur waktu.

4. "Pergunakanlah waktu kayamu sebelum datang waktu miskinmu".
Tidak terlalu jauh berbeda dari penjelasan di atas, ketika kekayaan ada pada kita, baik itu berupa materi atau lainnya, maka hendaknya kita memanfaatkannya sebaik-baiknya, jangan menghambur-hamburkan.

5. "Pergunakan hidupmu sebelum datang matimu". Yang terakhir ini merupakan cakupan dari empat hal diatas. Ketika kita diberi kehidupan maka hidup yang diberikan pada kita itu sebenarnya merupakan kesempatan yang tiada duanya. Karena kesempatan hidup tidak akan datang untuk kedua kalinya.Kehidupan harus dijalani sesuai tuntutan kemaslahatannya
.
Khusus kesehatan sebagai diski judul mewakili lima hal yang perlu dijaga sebelum datangnya lima hal sangat penting untuk diketahui. Pola makan mempengaruhi kesehatan seseorang, maka jagalah pola makan itu. Penulis mengingatkan kepada pembaca, khususnya buat penulis sendiri, jagalah kesehatan, sebab bila kesehatan tetap prima maka sebagai ASN akan dapat menjalankan aktivitas dengan baik. Kesehatan membantu seorang ASN untuk melakukan pelayanan prima.

Kesehatan membantu seorang guru untuk menyusun perangkat pembelajaran dan mengajarkannya. Kesehatan membantu seorang pengawas untuk melakukan pembinaan pada guru dan kepala madrasah. Kesehatan membantu seorang polisi untuk melakukan pengamanan. Singkatnya, jagalah sehat sebelum datangnya sakit. Dengan sehat, ibadah lancar. Wallahu a’lam. (Makassar, 25 Desember 2019).**

Penulis: Abdul Rahman Arok, S.Ag, M.Pd.I (wakil Sekretaris Pokjawas Madrasah Kemenag Polman).

Acc/Editor by Inmas Kemenag Polman (Ahmad F)


Download File : 5-perkara.jpg



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Berita Foto

Daftar Agenda

Jejak Pendapat

Bagaimana Pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kab. Polewali Mandar?
  Biasa Saja
  Baik
  Ramah
  Memuaskan