H. Imran K. Kesa Gagas Rumah Pemotongan Hewan Syar-i di Kab. Polman
Bimsyar Kankemenag Polman Sinergi Berbagai Pihak Sosialisasi Rumah Pemotongan Hewan-Unggas Syar-i

By Ahmad F 13 Mei 2019, 21:41:50 WIB | dibaca 729 kali Opini
H. Imran K. Kesa Gagas Rumah Pemotongan Hewan Syar-i di Kab. Polman

Keterangan Gambar : Ka. Kankemenag Polman H. Imran K. Kesa saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Rumah Pemotongan Hewan Syar


Polman (Inmas)  Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Polewali Mandar melalui Penyelenggara Syariah hari  ini 17 Juli 2018menggelar kegiatan  Sosialisasi Pendirian Rumah Potong Hewan – Unggas yang Syar’i. Acara ini terselenggara berkat kerjasama antara Kantor Kementerian Agama Kab. Polewali Mandar dengan Bank Syari’ah Mandiri KCP Polewali Mandar.
Acara yang diinisiasi Penyelenggara Bimsyar Kankemenag Kab. Polewali Mandar H. Lahida, S.Ag. MM. ini diikuti sebanyak 100an peserta dan melibatkan berbagai unsur termasuk Tokoh Masyarakat, Deprindag, Pertanian dan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, MUI dan unsur KUA Kecamatan dan Penyuluh Agama se Kabupaten Polewali Mandar.
Penyelenggara Bimsyar yang bertindak selaku Ketua Panitia dan Penggagas kegiatan ini dalam  sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebenarnya sudah lama dijadwalkan namun karena sesuatu dan lain hal termasuk pertimbangan pendanaan sehingga acara ini terpending. Alhmadulillah setelah melakukan konsolidasi dan koordinasi kepada sejumlah Instansi terkait termasuk MUI dan  Instansi Pemerintahan lainnya, barulah  hari ini kegiatan bertajuk Sosialisasi Pendirian Rumah Pemotongan Hewan secara Syar’i  ini  bisa terselenggara.
Olehnya itu, lanjut H. Lahida,  kami mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi yang  setingi-tingginya kepada  semua pihak khususnya kepada Bank Syari’ah Mandiri KCP Polewali Mandar selaku  mitra yang mendukung suksesnya kegiatan yang berlangsung di Aula Al-Ikhlas Kankemenag Polewali Mandar hari ini.
Kepala Kantor Kementeriaan Agama Kabupaten Polewali Mandar H. Imran K. Kesa dalam sambutannya sekaligus membuka acara sosialisasi mengatakan, fenomena pemotongan hewan dewasa ini, terlebih jelang hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) seperti yang terjadi di pasar-pasar publik kondisinya  amatlah memprihatinkan. Jika diperhatikan dan diamati secara seksama  hampir semua proses pemotongan hewan unggas ini dilakukan  dengan mengenyampingkan unsur syar’i,  padahal dalam Islam, yang namanya pemotongan hewan baik unggas maupun hewan ternak lainnya diatur berdasarkan syara’  atau  ketentuan hukum Islam.. Semua ini jelas sekali diatur dalam Islam, maka dari itu, seyogyanya rumah pemotongan hewan-unggas ini bisa ada di pasar-pasar publik di Polewali Mandar, gagas Ka. Kankemenag. 
 
 
Kementerian Agama bersama MUI dan pihak terkait lainnya berperan penting dalam mensosialisasikan dan menyampaikan persoalan ini kepublik. Terang H. Imran K. Kesa. Olehnya itu, lanjut Imran, kami mengapresiasi penuh upaya dan usaha yang dilakukan Penyelenggara Bimsyar H. Lahida, S.Ag. MM. yang telah berupaya semaksimal mungkin menghelat kegiatan sosialisasi ini dan melibatkan berbagai pihak terkait,  meski tanpa anggaran dan dukungan dana dari DIPA Kankemenag Polman, namun kegiatan ini tetap bisa terselenggara secara baik. Semoga kegiatan ini memberi manfaat dan maslahat yang sebesar-besarnya bagi seluruh umat Islam,  khususnya dalam menciptakan dan menggugah kesadaran akan  kehalalan hewan –unggas potong  yang ada di pasar-pasar publik di Kabupaten Polewali Mandar, harap H. Imran. (Ahmad F-ikrm)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Berita Foto

Daftar Agenda

Jejak Pendapat

Bagaimana Pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kab. Polewali Mandar?
  Biasa Saja
  Baik
  Ramah
  Memuaskan